Hewlett-Packard (HP) memutuskan untuk mempertahankan bisnis PC yang merupakan bisnis terbesarnya. HP terlebih dulu mempertimbangkan untuk memisahkan "personal services group".

Pemisahan itu pertama kali diusulkan Mantan Kepala Eksekutif HP Leo Apotheker pada Agustus. Dia digantikan mantan CEO eBay Meg Whitman yang memutuskan HP tetap  berbisnis PC.

Namun bagaimana dengan tablet ? dan bagaimana dengan sistem operasi WebOS HP yang juga di bawah tinjauan strategis?

Whitman menjawab pertanyaan-pertanyaan pengamat melalui telepon pada Kamis setelah menegaskan bahwa HP tetap menjalankan bisnis PC dan HP akan membuat tablet berbasis Microsoft Windows 8.

Sistem operasi Windows 8 akan menjalankan PC dan tablet.

"Kami baru melangkah ke segmen baru dalam komputasi," kata Whitwan mengenai tablet seperti dimuat Los Angeles Times.

Ia mengatakan tidak terlambat bagi HP masuk ke pasar tablet dan kerjasama HP dan Microsoft sangat luar biasa.

Whitman mengatakan tablet HP Windows 8 akan hadir pada tahun depan dan perusahaan akan mempersempit fokus perusahaan agar sukses bukan hanya tahun depan, tetapi juga 2013, 2014 dan masa depan.

Wakil Presiden Eksekutif Sistem Personal Pribadi HP Todd Bradley, mengatakan HP tidak pernah menyerah pada tablet atau goyah memproduksi tablet Windows.

HP telah memproduksi tablet Windows yaitu tablet Slate 500, yang dijual secara eksklusif senilai $ 800. Kemudian, HP mengenalkan tablet touchpad HP berbasis WebOS dan gagal di pasar di bawah pemerintahan Apotheker pada Agustus.

Setelah mengumumkan penghentian pasokan TouchPad, harga tablet itu langsung anjlok senilai $ 99, dan dijual murah di toko-toko di seluruh AS dan Kanada.

Bradley mengatakan, "HP masih mencari tahu masa depan WebOS."

"Kami akan memfokus tablet berbasis Microsoft Windows," katanya. "Saya pikir WebOS adalah pekerjaan rumah berikutnya yang harus diselesaikan .... Seluruh tim Meg, Cathie [Lesjak], saya sendiri, John Visentin bekerja sangat, sangat keras dan secepatnya untuk bisa menentukan nasib produk tersebut. "