Monday, October 31, 2011

Home » , » Facebook Bagi Pelajar, Bermanfaat Atau Merugikan?

0
Facebook Bagi Pelajar, Bermanfaat Atau Merugikan?

Do you want to share?

Do you like this story?

Facebook telah menjadi “sesuatu” di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya para pelajar dan mahasiswa yang keseharian pergaulannya tak lepas dari situs social network  ini.


Sebut saja dari update status, berbagi info dan cerita, hingga membuat undangan acara dilakukan para pelajar dan mahasiswa. Bahkan tidak jarang pula kita temukan beberapa facebook Fan Page untuk menghimpun para alumni dari suatu sekolah tertentu. Betapa Facebook memiliki pengaruh yang besar bagi pelajar dan mahasiswa.

Seperti yang digambarkan pada infografik dari Onlinephd.org  Sejak kemunculannya di tahun 2004 yang  semula hanya diakses oleh 4 universitas dengan total 1 Juta pengguna Facebook seakan-akan menjadi pendobrak awal kejayaan social media, hingga terus meningkat perkembangannya sampai pada tahun 2011 telah tercatat  800 juta pengguna , dengan kebanyakan  pelajar menghabiskan setidaknya 100 menit perhari dan 6 kunjungan  pada tiap harinya.

Bahkan di kalangan pendidik pun sekarang tak lepas dari penggunaan Facebook.  Sekitar 82 % universitas-universitas di Amerika memiliki Facebook Page untuk berkomunikasi dengan siswanya. Sebanyak 40 % fakultas-fakultas memiliki siswanya sebagai teman serta sebanyak 60 % siswa memasukkan akun fakultasnya sebagai teman di Facebook.

Tentunya yang menjadikan Facebook begitu populer di kalangan pelajar dan mahasiswa tidaklah lepas dari fungsi dan kegunaannya yang mempermudah koneksi dengan sesama pelajar lainya.

Namun tak lepas dari manfaatnya Facebook juga dapat merugikan para penggunanya yang termasuk pelajar. Pelajar yang berkecenderungan terlalu sering menggunakan FB-Chat akan berkecenderungan mengurangi waktunya untuk belajar. Tercatat sebanyak 20% penurunan nilai ketika pelajar menggunakan Facebook saat belajar.

Berikut adalah infografik lengkap dari Onlinephd.org tentang seberapa jauh pemanfaatan Faceook bagi pelajar, apakah akan menguntungkan atau malah merugikan?

http://images.onlinephd.org.s3.amazonaws.com/fb-university.jpg



Artikel Terkait:

Posted By : Unknown ~ http://zamil-created.blogspot.com/

Artikel Facebook Bagi Pelajar, Bermanfaat Atau Merugikan? ini diposting oleh Unknown pada hari Monday, October 31, 2011. Terimakasih atas kunjungan Sobat serta kesediaan Sobat membaca artikel ini, Kritik dan saran dapat Sobat sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Facebook Bagi Pelajar, Bermanfaat Atau Merugikan? Bermanfaat .. ^_^

Zamil CreaTed | Blog Sharing Indonesia

0 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

 

Followers

Alam